Kepemimpinan Demokratis Kyai untuk Mengatasi Disiplin Santri

Kyai Democratic Leadership to Overcome Santri Discipline

Authors

  • Marjuki Sekolah Tinggi Agama Islam Publisistik Thawalib Jakarta, Indonesia
  • Anan Nisoh Jamiah Islam Syekh Daud Al Fatoni Yala, Thailand
  • Sabtudin Sekolah Tinggi Agama Islam Publisistik Thawalib Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i1.308

Keywords:

Leadership, Democratic, Kyai, Islamic boarding school, Students

Abstract

Santri yang tidak disiplin dalam pondok pesantren berdampak negative pada tujuan pembelajaran dan hasil belajar santri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kepemimpinan demokratis oleh kyai yang dikaji dari empat aspek dalam mengatasi disiplin santri di Pondok Pesantren Al-Umm Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan kesimpulan, serta keabsahan data dikonfirmasi melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aspek supporting psikologis, kiyai memberikan motivasi yang berdampak positif pada siswa untuk disiplin seperti memberi hadiah, nasihat dan lain sebagainya. Aspek implementasi peraturan dengan mengawal ketat pelaksanaan peraturan melalui sistem reward dan punishment. Aspek pengontrolan disiplin dengan memanggil santri yang intredisipliner untuk di bombing. Sedangkan aspek keterbukaan yakni kiyai menerima segala saran dan masukan dari santri. Kemudian dampak yang dihasilkan adalah santri disiplin dan terbangun komunikasi yang baik. Kesimpulan: kepemimpinan demokratis telah berjalan maksimal dalam mengatasi disiplin santri. Kontribusi penelitian: menjadi bahan kajian dalam mengatasi disiplin santri atau siswa di semua lembaga penelitian.

References

Aini, A., & Rijal, S. (2022). Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Sholat Fardlu Berjama’ah Santri Putra Di Pondok Pesantren Siti Nur Sa’adah Di Desa Wonomelati Krembung Sidoarjo. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(1), 1-12. Retrieved from https://journal.uim.ac.id/index.php/ahsana/article/view/1339

Al Farisi, M. S. (2020). Peran Kyai Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Kun Aliman Mojokerto. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Alfath, K. (2020). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Di Pondok Pesantren Al-Fatah Temboro. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 09(01), 125 – 164.

Aryani, N. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kyai Terhadap Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Gaza Al-Islami Bogor. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Chandra, P., Marhayati, N., & Wahyu. (2020). Pendidikan Karakter Religius Dan Toleransi Pada Santri Pondok Pesantren Al Hasanah Bengkulu. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01).

Dalimunthe, R. A. (2019). Kedisiplinan Belajar Pesantren. Jurnal Al-Fikru, 13(02), 112 – 118.

Faridah, N. L. (2019). Implementasi Pola Asuh dalam Pembentukan Karakter di Pondok Pesantren Putri Tarbiyatut Tholabah Kranji. J+Plus, 08(02), 1 – 7.

Ghaffar, A. Z., Haryono, A., & Tallapessy, A. (2021). Pola Komunikasi Kyai Dan Santri Di Pondok Pesantren At-Taufiq Wringin Bondowoso. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 04(02), 594 – 610.

Hakim, M. L., & Yani, M. T. (2016). Strategi Kiai Dalam Menangani Santri Yang Melakukan Pelanggaran Tata Tertib Di Pondok Pesantren Al-Mutazam Mojokerto. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 02(04), 649 – 663.

Hamidah, A. Z. (2022). Pengaruh Peraturan Pesantren Terhadap Kedisiplinan Santri Putri Pada Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Desa Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman, 08(01), 267 – 296.

Ilahi, M. T. (2013). Quantum Parenting: Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Efektif Dan Cerdas. Yogyakarta: Katahati.

Imamah, N. . (2023). Pola Komunikasi Kyai Dalam Membangun Budaya Disiplin Santri. Syiar: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(2), 71–86. https://doi.org/10.54150/syiar.v3i2.241

Jauhari, W. (2018). Pengawasan Kyai Terhadap Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Al-Ihya’ Kalirejo Lampung Tengah. Skripsi. Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Kharis, M. F. (2023). Pengaruh Perilaku Disiplin Terhadap Karakter Santri Di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 Ponorogo. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

La Hadisi, Musthan, Z., Gazali, R., Herman, & Zur, S. (2022). Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kabupaten Konawe Selatan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 1213 – 1228. DOI: 10.30868/ei.v11i01.2955

Lestari, A. (2021). Sistim Pengawasan Dalam Membina Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Al-Falah Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kabupaten Pesisir Barat. Skripsi. Ilmu Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Lisnawati, H. U. (2023). Pola Asuh Pengurus Pondok Dalam Menumbuhkan Kemandirian Santri Di Pondok Pesantren Daarul Mukhlisiin Temulus Ngawi. Skripsi, IAIN Ponorogo.

Megantara, A. L. (2019). Pola Asuh Musyrif Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Dan Rasa Tanggung Jawab Mahasantri Di Ma’had Ulil Abshar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Mufida, K. R. (2023). Peran Pengurus Dalam Menerapkan Nilai Disiplin Belajar Pada Santri. Gahwa, 01(02), 16 – 31.

Muttaqin, K. . M. I. ., Zulhannan, Z., & Hijriyah, U. . (2023). Implementasi Kedisiplinan Santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Sukadamai Natar Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 4815–4819. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11752

Nafisah, S. L., Suharsiwi, & Sudin, M. (2022). Pengasuhan Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Untuk Menghafal Al-Qur’an. Pasaman: Cv. Azka Pustaka.

Nasvian, M. F., Prasetyo, B. D., & Wisadirana, D. (2013). Model Komunikasi Kyai dengan Santri (Studi Fenomenologi Pada Pondok Pesantren “Ribathi” Miftahul Ulum). Wacana, 16(04), 197 – 206.

Nihayati, I., Ismaya, E., & Oktavianti, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin Pada Santri Pondok Pesantren Slaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2395-2402. https://doi.org/10.47492/jip.v1i11.485

Nurkholifah, I. (2018). Penerapan Sikap Disiplin Pada Santri Dan Santriwati Di Pondok Pesantren. Jurnal Kewarganegaraan, 02(02), 46 – 51.

Nurwahyudin, & Supriyanto. (2021). Strategi Penanaman Karakter Disiplin Santri. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 07(01), 164 – 182.

Podungge, M. (2020). Penerapan Disiplin Dan Dampaknya Terhadap Pengembangan Diri Di Pesantren Hubulo. Evaluasi, 4 (1), 80 – 103.

Pratiwi, W. (2020). Peran Kiai Dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Al-Fattah Negeri Agung Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung.

Samiya. (2023). Peran Kepemimpinan Kyai Dalam Pembinaan Kedisiplinan Santri Di Pondok Nurusibyan Singkawang. Jurnal Lentera, 01(01), 1 – 9.

Sinthia, I., Nurulhaq, D., & Rahman, A. A., & Masripah, I. (2020). Pola Asuh Pondok Pesantren Terhadap Kedisiplinan Santri pada Shalat Berjamaah. ATTHULAB: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 05(02), 163 – 174.

Sinthia, I., Nurulhaq, D., Rahman, A. A., & Masripah. (2020). Pola Asuh Pondok Pesantren Terhadap Kedisiplinan Santri pada Shalat Berjamaah. Atthulab: Islamic Religion Teaching & Learning Journal, 05(02), 163 – 174.

Susanto, D. (2023). Pengawasan Secara Berkala terhadap Kedisiplinan Santri Pondok Pesantren Babakan Jamanis: Studi Kasus Kamar 6. Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner, 01(01), 15 – 20.

Tika, Ifnaldi, & Syahindra, W. (2020). Eksistensi Pesantren Arrahmah Curup, Bengkulu: Antara kemunduran dan kurangnya sikap disiplin santri. Jurnal Al – Mau’izhoh, 02(01), 53 – 68.

Utami, N. W. (2018). Komunikasi Interpersonal Kyai dan Santri dalam Pesantren Modern di Tasikmalaya, Sebuah Pendekatan Interactional View. Jurnal komunikasi, 12(02), 141 – 152.

Wulandari, T., & Zaman, B. (2022). Pembinaan Sikap Disiplin Dan Tawassuth Pada Santri Pondok Pesantren Salafiyah Darussalam Boyolali. Jurnal Penelitian, 06(02), 345 – 370.

Yanas, M. A. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Kegiatan Kultum. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 05(01) 81 – 100.

Zakiya, N., Aulia, Y., Sabandi, A., & Alkadri, H. (2023). Partisipasi Kiyai Dalam Pembuatan Kebijakan Dan Pengambilan Keputusan Sebagai Upaya Meningkatkan Disiplin Santri Di Pondok Pesantren. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6006–6013. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i2.1049

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Marjuki, M., Nisoh, A., & Sabtudin, S. (2024). Kepemimpinan Demokratis Kyai untuk Mengatasi Disiplin Santri: Kyai Democratic Leadership to Overcome Santri Discipline. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 95–106. https://doi.org/10.54150/thawalib.v5i1.308